Minggu, 31 Mei 2015

Cerita Tentang Ulangtahun

Saya tidak tahu apa yang membuat saya tidak ingin berjumpa dihari ulangtahun, tahun ini.
saya merasa sudah sangat tua. saya takut. banyak ketakutan yang saya pikirkan.
that's why, 21...bukan umur yang main-main lagi.
Kuliah sudah mau masuk semester 7 dan sekarang uda praktek ngajar aja.
Jadi guru beneran nih rum? bukannya nggak sesuai rencana?
"Ini jalan yang udah dikasih sama Tuhan, yakin aja ini yang terbaik"
Jawabnya gitu, kan udah 21 tahun, yah walaupun masih sebelas hari lagi.
But, i don't want to meet that day, it's so scary!

Hari ini berasa bangetlah sepinya, berasa sendiri, dan yang pasti berasa nggak punya temen.
lewat personal message "paling benci dengan keadaan kayak ini, benci-benci-benci"
Chat mulai berlamburan, temen satu per satu nanyain "kenapa, ada apa"?
that's why, saya sadar saya masih punya banyak temen.
tapi hari ini, bahkan dari semalaman saya merasa banget sendiriannya (kayak nggak punya temen)
memastikan saya memang tidak apa- apa "i'm fine ...", dibalas berulang-ulang "yakin, bohong.."
so, saya kembali sadar saya masih punya temen yang paham bener sama saya, yang tahu kalo saya lagi nggak dalam keadaan yang baik, tanpa harus bilang "aku lagi nggak baik"
patut disyukuri, tapi saya masih berasa sendiri, berasa banget sepinya. banyak temen tapi kayak nggak punya temen

Sebenernya ini wujud kekecewaan kali ya, kesel, marah, atau apalah .
udah tua, tambah usia, berumur, temen satu per satu mulai ilang, mulai punya urusan hidupnya masing-masing (termasuk saya).
Tambah umur, temen satu per satu mulai ilang, nggak bisa main-main unyu yang lama-lama lagi, nggak bisa cerita kayak anak kecil lagi, sekarang udah pada serius, ngomongin masa depan, ngomongin skripsi, wisuda, kerja, bahkan nikah.
nggak berasa hidup udah segini jauhnya, udah tambah besar aja, dan udah mau tamat aja, padahal kan kemarin baru mau masuk kuliah.

Enak ya jadi anak kecil, masih punya banyak temen main. mau balik lagi ? ya mau lah, tapi kapan kita besarnya, kapan kita mau tahu idup itu sebenarnya kalo mau kecil terus.
relitanya, kita udah besar, dan ini khusus untuk diri saya sendiri (udah besar rum, udah mau tamat kuliah, kerja, nikah, punya anak, tua, mati), itu udah siklus idup yang paling nyata.
dan saya punya ketakutan yang besar tentang "kebesaran" saya ini, umur udah nambah aja.

Dari mau masuk umur 20, saya ngeluh terus sama ibu saya, bilang kalo saya nggak mau ulangtahun, tapi ibu saya bilang, harus dihadapi, tapi myatanya saya belum sesiap itu.
ditambah tahun ini, saya semakin sering bilang kalo saya nggak mau ulangtahun, nggak mau ketemu sama hari ulangtahun, saya takut saya udah tambah tua, dan ibu ayah saya juga tambah tua, saya takut, takut, dan takut.

Saya nggak kecce banget ya, ulangtahun sebenernya seneng, saya malah takut.
takut, beban idup makin banyak, saya orangnya mudah ciut, mudah banget ciut, itu yang buat saya takut. saya takut hidup sendiri, tentunya tanpa orang tua saya, saya takut --"

Umur tambah tua, makin banyak hal yang mesti dipikirin mateng-mateng.
temen - temen udah punya urusan hidup masing - masing.
tambah tua tambah ngerasa sepi, tapi jangan ngerasa jauh sama Tuhan.

kadang kalo saya ngeluh saya mau minta ampun sama Tuhan,
hidup saya kok sering banget ngeluh ya, Tuhan udah kasih yang baik-baik juga,
mau minta ampun sama Tuhan kalo keseringan ngeluh.

mau marah, kesel, kecewa juga nggak ada gunanya kan?
umur pasti bertambah, kita juga pasti ketemu sama tanggal kelahiran berulang (kalo dikasih umur yang panjang dan selalu diberi kesehatan sama Tuhan).
takut harusnya disimpen aja, walaupu nggak bisa ilang beneran yang pasti harus dikurangin ketakutannya.
mau nggak mau, suka nggak suka, ketemu sama tanggal kelahiran bakal saya hadapi, mungkin saya harus siap mental, nggak usah bilang nggak mau ulang tahun(tetep aja takut), mau diem-diem aja, mau kalem-kalem aja, saya harus tenang bakal ketemu lagi sama tanggal kelahiran, harus disyukuri, bukan ditakutkan apalagi dikeluhkan.

oke, at least, saya siap untuk bertambah tua, karena pada akhirnya selain teman - teman, saya juga punya urusan hidup yang serius untuk hidup saya, terimakasih Tuhan atas semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar